Apa kata google tentang kita ? Metode membranding diri dunia maya
UseeTV Bukan hanya Sekedar Nonton TV
Wisata Singapore ala Orang Indonesia.. Unik dech
TIK TOK DIBUKA KEMBALI . Yakin bisa kembali nge Hitz ?
Menjadi Buzzer Twitter : Macam buzzer twitter dan cara kerja nya
Cara Mudah Buat Latte Art / Hiasan minuman kopi
Transaksi dengan status DUGAAN di Internet Banking BNI
Pengalaman buat project di projects.co.id

TIK TOK DIBUKA KEMBALI . Yakin bisa kembali nge Hitz ?

22 JULY 2018 • 181 Views
TIK TOK DIBUKA KEMBALI . Yakin bisa kembali nge Hitz ?
CLICK TO ENLARGE
Ketika Tik tok lagi jaya jayanya tiba tiba tidak bisa diakses. Untuk mengakses Netizen harus kerja keras seperti cari VPN atau Proxy Luar. Dan banyak yang ga paham. Akhirnya aplikasi ini banyak di tinggalkan.

Ternyata Tik tok di blockir oleh Kominfo karena dianggap banyak memiliki content yang negatif. Salah Tik Tok kah ? jika ini alasan nya tentu tidak 100 %. Semua aplikasi termasuk Youtube, Instagram, Facebook dlsb karena mau di isi  konten yang negatif yaaa pasti bisa bisa saja. Ibarat Pisau dapur tergantung di tangan siapa dia dipegang, Bisa jadi alat masak yang hebat atau bisa juga jadi pisau pembunuh.
Dan sebenarnya di Tik Tok pun sudah dibekali fitur REPORT jika memang ada video yang diaggap kurang memenuhi syarat untuk ditayangkan. Sebenarnya ada juga hasil yang bisa membanggakan lho..  tik tok juga berhasil melambungkan lagu Siti Badriah masuk ke Chat Billboard bersama penyanyi Kondang Dunia.

Kalau saya pribadi saat penutupan merasa pasti ada alasan lain tidak hanya sekedar konten. Dan seperti nya banyak alasan yang akhirnya membuat menkominfo memutuskan memblock sementara.
Dan ternyata terbukti. Pihak Tik Tok langsung menyelesaikan ke Indonesia mengenai syarat syarat yang harus di penuhi nya. Apa sajakah itu ?


  Tik Tok akan membersihan konten negatif di platformnya.
  Tik Tok akan meningkatkan sistem keamanan produk dan penyaringan konten menggunakan kecerdasan buatan dan moderasi.
  Tik Tok akan membuat Community Guidelines khusus bagi pengguna di Indonesia.
  Menunjuk Content Manager khusus untuk menjaga kualitas konten di Indonesia.
  Tik Tok saat ini sudah memiliki 20 orang kurator konten di Indonesia dan akan menambah kurator hingga 200 personil pada akhir tahun.
  Tik Tok juga sudah menaikkan batas umur minimal pengguna menjadi 13 tahun sesuai permintaan Kemenerian PPPA.
  Membuka peluang kerja sama dengan LSM maupun organisasi sosial dan edukasi di Indonesia.
  Memberikan jalur khusus bagi pemerintah Indonesia untuk pelaporan konten negatif.
  Tik Tok menjanjikan membuka kantor dan sedang mengurus perizinan PT di Indonesia. Saat ini aplikasi itu telah memiliki kantor untuk moderasi konten.

yang belum dipenuhi adalah masalah Teknis pelaporan kontent negatif yang saat ini dianggap kurang terlihat. Walaupun menurut saya ini justru harusnya yang paling gampang dipenuhi karena hanya masalah Teknis memindahkan menu. Tapi dilihat dari sudut pandang Tik Tok, jika tombol report ini terlalu menonjol maka dikuatirkan membuat orang gampang banget menekan tombol ini.

Terus .. yang mungkin tidak menjadi perhatian dari para pengambil keputusan ini adalah bahwa sekarang adalah dunia digital dimana banyak aplikasi serupa yang bersaing ketat. Ketika kemudian ada kesulitan saat akses maka dengan gampang orang akan pindah dan uninstall aplikasi tersebut.

Demikian juga dengan Tik tok. Saat pertama masuk ke Indonesia sama sekali tidak populer. Berlahan mereka promosi di media manapun dan mulai keliatan hasil promosi nya saat ajang indonesian idol dibuka. Hampir setiap saat di babak spektakuler nya ada iklan Tik Tok. Jadilah tik tok menjadi terkenal.

Kemudian tik tok diblockir. Orang susah akses kemudian membuang aplikasi nya. Walaupun skrg sang menteri sudah membuka kembali apakah orang orang yang sudah uninstall mau install kembali ?? Inilah tantangan Tik tok sesungguhnya yang mungkin tidak disadari oleh kominfo. Tik tok harus berjuang akan menjadi aplikasi yang populer kembali dan biasanya aplikasi di Indonesia timbul dan tenggelam dengan sangat cepat. Yang sudah tenggelam akan dilupakan dan orang akan tetap menggunakan aplikasi besar saja seperti Youtube, Instagram dan facebook.

Selamat berjuang Tik Tok.


Komentarin dong ah!

Belum ada komentar. Mau nambahin?